counter free hit invisible

Cara Menghitung Usia Tubuh Anda

3 min read

bridal hair accessoris

Berapa umur Anda – usia sebenarnya? Sementara hampir semua orang tahu tanggal lahir mereka, tubuh dapat terlihat dan berfungsi seperti orang yang jauh lebih muda atau lebih tua tergantung pada kondisi fisik dan gaya hidup. Dengan kata lain, usia kronologis Anda mungkin sangat berbeda dari usia biologis Anda.



Meskipun tidak ada ukuran yang secara ilmiah akurat untuk usia biologis, Anda bisa mengetahui di mana Anda berdiri dengan mengukur diri sendiri. Uji pengondisian, komposisi tubuh, dan gaya hidup Anda untuk menentukan apakah Anda menjalani kehidupan yang sehat, lebih muda atau lebih dari usia Anda.

Pengujian Pengkondisian Fisik

1.Temukan denyut nadi istirahat Anda.

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting, dan jantung yang terkondisi dan sehat adalah bagian besar dari kesejahteraan secara keseluruhan. Jantung normal biasanya berdetak antara 60-100 kali per menit. Nilai Anda sendiri idealnya tidak lebih cepat atau lebih lambat dari ini saat beristirahat, meskipun beberapa atlet elit mengalahkan di bawah 50 per menit. Letakkan dua jari pertama tangan kanan Anda di bagian dalam pergelangan tangan kiri tepat di bawah ibu jari Anda, di atas salah satu arteri utama Anda. Anda seharusnya merasakan denyut nadi. Hitung jumlah detak jantung selama 15 detik dan kemudian kalikan jumlahnya dengan 4 untuk detak jantung Anda per menit. [2]

  • Secara umum, tingkat istirahat yang lebih rendah menunjukkan bahwa jantung Anda kuat. Angka yang lebih tinggi berarti jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk melakukan pekerjaan yang sama – lebih lemah dan kurang efisien.
  • Tambahkan 1 ke usia kronologis Anda jika denyut nadi istirahat Anda adalah 100 kali per menit atau lebih.

2. Uji fleksibilitas Anda.

Masih bisakah Anda menyentuh jari-jari kaki? Fleksibilitas menurun seiring bertambahnya usia dan dapat dibatasi pada tubuh yang lebih tua dengan sejumlah faktor seperti peningkatan dehidrasi, perubahan struktur kimia jaringan, hilangnya serat otot dengan serat kolagen, dan peningkatan deposit kalsium. Fleksibilitas Anda akan memberi Anda sedikit gambaran tentang kesehatan Anda secara keseluruhan. [3] Duduklah di lantai dengan punggung lurus, kaki menyatu, dan lengan di depan Anda setinggi bahu. Di samping kaki Anda, tandai di lantai titik tepat di bawah ujung jari Anda dan kemudian perlahan-lahan menjangkau ke depan, menjaga kaki Anda lurus. Tandai di mana ujung jari Anda mencapai dan mengukur jarak antara dua tanda dalam inci.
  • Seberapa jauh Anda mencapai? Semakin jauh semakin baik, karena itu menunjukkan bahwa tubuh Anda masih sigap dan awet muda.
  • Tambahkan satu jika Anda dapat mencapai kurang dari 5 inci. Kurangi satu jika Anda punya 10 inci atau lebih. Tidak menambah atau mengurangi jika Anda berada di antara 5 hingga 10 inci.


3. Uji kekuatan Anda.

Seberapa kuat kamu? Secara umum, orang mendapatkan otot hingga usia sekitar 30 tahun. Namun, setelah itu, kita mulai secara perlahan kehilangan massa otot dan, karenanya, kekuatan fisik. Orang di atas 30 yang tidak aktif dapat kehilangan sebanyak 3% hingga 5% dari massa otot mereka per dekade, dan bahkan yang aktif secara fisik kehilangan sebagian. Hilangnya massa otot ini – yang disebut sarkopenia – berarti hilangnya kekuatan dan mobilitas dan, pada orang tua, dapat meningkatkan risiko kerapuhan, jatuh, dan patah tulang. [4] Uji kekuatan Anda sendiri. Lakukan sebanyak mungkin push-up yang dimodifikasi (dengan berlutut) tanpa berhenti, menjaga tubuh Anda dalam garis lurus dan menurunkan dada Anda dalam jarak empat inci dari lantai. Teruskan sampai Anda tidak dapat melakukan lagi.
  • Seperti fleksibilitas, lebih banyak kekuatan lebih baik. Jika Anda bisa melakukan push-up dalam jumlah besar, Anda mungkin memiliki massa otot dan ketahanan fisik yang bagus.
  • Tambahkan 1 jika Anda melakukan kurang dari 10 push-up. Tidak menambah atau mengurangi untuk 10-19. Kurangi 1 jika Anda mencapai dua puluh push-up. Kurangi dua untuk lebih dari 30.


Mengukur Komposisi Tubuh

1.Tentukan rasio pinggang-pinggul Anda.

Apakah bentuk tubuh Anda lebih banyak buah pir, apel, atau alpukat? Kita cenderung menambah berat badan seiring bertambahnya usia, dan bentuk tubuh seseorang dan khususnya rasio pinggang-pinggulnya adalah cara cepat untuk menilai distribusi lemak tubuh, yang dapat menunjukkan kemungkinan risiko kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke, dan beberapa jenis kanker. [5] Bagi pengukuran pinggul Anda (dalam inci) dengan pengukuran pinggang Anda (dalam inci) dan kemudian bagi dua angka. Pastikan untuk mengukur pinggang Anda sekitar dua inci di atas pusar dan pinggul Anda dari titik terlebar. [6]

  • Untuk pengukuran pinggang-pinggul, rasio lebih dari 1,0 untuk pria dan 0,85 untuk wanita menunjukkan bahwa Anda membawa jumlah lemak tubuh lebih dari ideal di sekitar bagian tengah Anda. 
  • Tambahkan 1 ke skor Anda jika Anda melebihi rasio yang disarankan.

2. Hitung Indeks Massa Tubuh Anda (BMI).

Indeks massa tubuh atau BMI Anda adalah cara lain untuk mengukur riasan tubuh Anda, dengan membagi berat dalam kilogram dengan tinggi dalam meter. BMI yang tinggi dapat mengindikasikan jumlah lemak tubuh yang tinggi, membuat Anda rentan terhadap masalah kesehatan terkait obesitas. [8]Untuk menghitung BMI Anda, pertama gandakan berat badan Anda dalam pound dengan 0,45 untuk dikonversi menjadi kilogram. Lipat gandakan ketinggian Anda dalam inci dengan 0,025 untuk mengubahnya menjadi meter. Kuadratkan tinggi badan Anda (yaitu gandakan dengan sendirinya), dan terakhir bagi berat badan Anda dalam kilogram dengan tinggi badan Anda kuadrat. Ini BMI Anda. Hasil 25 atau lebih dianggap kelebihan berat badan. [9]

  • Untuk yang cenderung non-matematis, Anda juga dapat menemukan situs web daring seperti ini yang akan menghitung untuk Anda.
  • Tambahkan 1 ke skor Anda jika BMI Anda di bawah 18,5 (kurang berat). Tambahkan 2 apakah itu antara 25-29.9 (kelebihan berat badan) dan 3 jika lebih dari 30 (obesitas). Kurangi 1 jika Anda jatuh antara 18,5 dan 25 (sehat).
3. Lakukan analisis lemak tubuh.

Cara paling akurat untuk menilai komposisi tubuh Anda – lebih dari rasio pinggul ke pinggang atau BMI – adalah dengan analisis lemak tubuh, dan cara paling akurat untuk melakukannya adalah dengan impedansi bioelektrik. Selama tes seperti itu, yang dapat Anda lakukan dengan pelatih olahraga, Anda akan berbaring dan meletakkan dua elektroda di kaki Anda. Kemudian, arus listrik akan dikirim melalui tubuh Anda. Arus ini sangat kecil – Anda bahkan tidak akan merasakannya. Tes kemudian akan memberikan pembacaan yang akurat tentang berapa banyak lemak yang terkandung dalam tubuh Anda dibandingkan dengan jaringan tanpa lemak seperti otot dan tulang, serta bagaimana Anda membandingkan rata-rata dengan orang lain.
  • Untuk mendapatkan bacaan yang baik, Anda seharusnya tidak berolahraga, menggunakan sauna, atau mengonsumsi alkohol pada jam-jam sebelumnya. Wanita harus memiliki lebih banyak lemak tubuh daripada pria.
  • Untuk wanita, jangan tambahkan atau kurangi jika persentase Anda berada di antara 15% -24% dan tambahkan 0,5 untuk 25% -33%. Tambahkan 1 jika Anda di bawah% 15 atau lebih dari 33%.
  • Untuk pria, jangan menambah atau mengurangi jika persentase Anda berada di antara 6% -17% dan menambahkan 0,5 untuk 18% -24%. Tambahkan 1 jika Anda di bawah 6% atau lebih dari 25%.

Cara Menambah Berat Badan jika Anda Mengidap Diabetes

Penurunan berat badan bisa menjadi gejala diabetes. Karena tubuh Anda tidak dapat menggunakan gula dalam darah, kalori yang biasanya digunakan akan hilang. Meskipun Anda mungkin...
lilmiscolor
2 min read

Cara Menguji Diabetes di Rumah

Sangat penting untuk mendapatkan ujian kesehatan tahunan setiap tahun, yang dapat membantu menangkap diabetes sejak dini. Selain itu, selalu terbaik untuk mengunjungi dokter Anda jika...
lilmiscolor
1 min read

Cara Menuju Hidup Sehat

Memimpin berarti bertanggung jawab dan membimbing. Dengan memutuskan untuk menjalani hidup yang sehat, Anda memutuskan untuk mengambil alih kendali atas kebiasaan dan tindakan Anda sendiri....
lilmiscolor
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *