94DTCVv3Yden5O8wBOvNfDZFHlDJocscH4Dp8BlE
Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna

Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna

perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

Beberapa fauna di alam selama kita merasakan sebuah proses perubahan format dalam siklus hidupnya. Proses evolusi yang biasa dinamakan dengan istilah metamorfosis ini terjadi baik pada serangga, laksana kupu kupu, lebah, belalang, laron, nyamuk, maupun pada amfibi laksana katak.

Adapun menurut prosesnya, metamorfosis dapat dipisahkan menjadi 2 jenis, yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Kedua jenis metamorfosis ini disebutkan memiliki sejumlah perbedaan. Apa saja perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna? Apa misal dari fauna yang merasakan kedua jenis metamorfosis tersebut? Bagi tahu jawabannya, silakan simak ulasan berikut!

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna sedikitnya terletak pada 4 hal, yakni jumlah stadium yang dilalui, terdapat tidaknya fase pupa, tingkat evolusi bentuk, sampai contoh-contohnya. Nah, selengkapnya mengenai hal-hal yang memisahkan kedua jenis metamorfosis itu akan kita kupas sebagai berikut.

1. Perbedaan Jumlah Stadium

Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna yang kesatu terletak pada jumlah stadium yang dilewati keduanya. Stadium yang dilalui pada proses metamorfosis sempurna lazimnya berjumlah 4, yakni stadium telur, stadium larva, stadium pupa, dan stadium imago. Sedangkan stadium yang dilalui pada proses metamorfosis tidak sempurna melulu berjumlah 3, yakni stadium telur, stadium larva atau nimfa, serta stadium imago.

Perhatikan gambar inilah ini dan jajaki bedakan proses metamorfosis kupu-kupu dengan proses metamorfosis belalang.

2. Ada Tidaknya Stadium Pupa

Perbedaan selanjutnya antara proses metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna terletak pada terdapat tidaknya stadium pupa. Stadium pupa atau stadium kepompong ialah stadium yang dilewati oleh fauna yang merasakan metamorfosis sempurna. Stadium pupa menjadi masa pergantian antara stadium larva mengarah ke stadium imago (serangga dewasa) yang menjadikan organisme berada dalam masa inaktif.

Sementara itu, fauna yang tidak merasakan stadium pupa lazimnya akan termasuk fauna dengan metamorfosis tidak sempurna.

3. Tingkat Perubahan Bentuk

Hal berikut yang menjadi inti dari perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Dalam metamorfosis sempurna, sebuah organisme bakal memiliki format yang sangat bertolak belakang antara satu stadium dengan stadium selanjutnya. Contohnya pada nyamuk. Nyamuk memiliki format stadium telur, larva, pupa, dan imago yang sangat bertolak belakang satu sama lain.

Hal yang sama pun berlaku pada metamorfosis katak. Ya, katak memang termasuk misal hewan yang merasakan metamorfosis sempurna. Apakah katak merasakan stadium pupa? Jawabannya tidak!

Katak termasuk merasakan metamorfosis sempurna sebab mereka mempunyai tingkat perubahan format yang sangat menyeluruh dari masing-masing fase metamorfosis yang dilaluinya. Perhatikan format antara telur, beludru, dan katak dewasa pada gambar inilah ini untuk lebih jelasnya.

Lain halnya dengan metamorfosis sempurna, perubahan format pada tubuh fauna yang merasakan metamorfosis tidak sempurna dapat dikatakan tidak terlalu menyeluruh dan kentara. Anda dapat memperhatikan format nimfa kecoa dan membandingkannya dengan kecoa dewasa, atau antara nimfa belalang dengan belalang dewasa. Kedua stadium itu tidak merasakan perubahan yang signifikan.

4. Perbedaan Contoh

Untuk mengetahui secara lebih jelas perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, sebagai berikut kami bakal berikan sejumlah contoh fauna yang merasakan kedua jenis metamorfosis tersebut. Contoh fauna yang merasakan metamorfosis sempurna di antaranya kupu kupu, nyamuk, dan capung, sedangkan misal hewan yang merasakan metamorfosis tidak sempurna diantaranya belalang, kecoa, jangkrik, dan tengeret.

Nah, demikianlah uraian yang bisa kami ucapkan mengenai sejumlah perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Semoga dapat menolong Anda dalam mengetahui secara lebih baik mengenai apa tersebut metamorfosis sempurna dan apa tersebut metamorfosis tidak sempurna. Semoga bermanfaat!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment